Isi Kandung Surah Al-Hujurat Ayat 10 dan 12


+ Q.S Al-Hujurat Ayat 10


Artinya:
"Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."


Isi kandunganya:
Ayat ini menjelaskan bahwa setiap muslim itu bersaudara dengan muslim lainya. Persaudaraan itu di ibaratkan dengan satu tubuh apabila salah satu tubuh sakit maka yang lain juga merasakanya. Bhakan apabila perselisihan tida terelakan, maka kita tidak diperbolehkan sesama muslim selama 3 hari. 


+ Q.S Al-Hujurat Ayat 12

Artinya: 
"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."

Isi Kandungan:
Bahwa sesama muslim tidak boleh berprasangka buruk kepada oarang lain (suzuan) dan melakukan gibah. Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini turut berkenaan dengan Salman Al-Farisi yang apabila ia telah selesai makan maka ia langsung suka tidur dan mendengkur. Pada waktu itu ada yang menggunjing perbuatannya, maka turunlah ayat ini yang melarang seseorang mengumpat dan menceritakan aib orang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha

KONJUGASI PARAMECIUM